Saran Dokter, Penyebab dan Cara Membersihkan Vagina Bau

cara membersihkan vaginaVagina wanita yang berbau biasanya disebabkan kesalahan dalam cara membersihkannya. penyebab vagina bau bermacam-macam sekali, mulai dari makanan yang dikonsumsi, celana dalam ketat dan jarang ganti hingga bakteri jahat yang hidup di vagina itu sendiri.

Anehnya tidak jarang wanita yang kurang mengerti cara membersihkan vaginanya, mereka asal-asalan dalam merawatnya. Padahal seperti yang anda tahu kalau aroma tidak sedap yang keluar dari vagina sangat membuat tidak nyaman dan percaya diri.

Memang suatu hal yang wajar apabila vagina memiliki bau, seperti halnya penis pria yang juga berbau apabila tidak di rawat. Jadi anda tidak perlu khawatir dengan hal ini. Namun perlu anda ketahui bahwa terkadang penyebab vagina berbau adalah gangguan kesehatan yang ada pada vagina itu sendiri.

Sebelum mengetahui cara membersihkan vagina berbau, terlebih dahulu anda harus mengetahui penyebabnya. Hal ini penting adanya agar anda melakukan pencegahan sedini mungkin untuk mengantisipasi munculnya aroma tidak sedap dari vagina.

Penyebab Vagina Berbau Busuk

  1. Konsumsi Bawang

    Kondisi vagina yang lembab adalah penyebab vagina berbau, dan lembabnya vagina biasanya disebabkan oleh keringat pada pangkal paha dan vagina itu sendiri. Keringat yang keluar dari proses pembakaran lemak dari tubuh yang sering mendapatkan asupan bawang akan semakin memperparah kondisi vagina.

    Untuk itu kurangi konsumsi bawang mentah dan matang, agar meminimalisir bau yang ada pada vagina.
  1. Konsumsi Ikan

    Bau amis yang keluar dari vagian selain karena darah haid juga disebabkan oleh konsumsi ikan yang berlebihan. Bagi kebanyakan wanita konsumsi ikan lebih menyehatkan dibanding konsumsi daging merah, namun mereka ini tidak sadar bahwa ikan yang mereka konsumsi adalah penyebab vagina berbau.

    Terlebih adalah ikan asin yang mereka konsumsi, ikan asin memang sangat nikmat jika disajikan dengan sambal dan nasi hangat, namun anda harus tahu kalau vagina anda akan mengeluarkan aroma yang amis dan tajam setelah konsumsi ikan asin ini.]
  1. Konsumsi Petai dan Jengkol

    Siapa yang tidak tahu kalau makanan ini adalah penyebab air kencing bahkan bekasnya yang sangat berbau. Lalau apa hubungannya dengan vagina berbau?? Cara membersihkan vagina anda setelah kencing yang kurang bersih dan maksimal lah penyebab vagina anda berbau.

    Cara kencing anda yang kurang tuntas sehingga menempel pada bibir vagina dan juga menempel pada celana dalam anda juga menjadi penyebab vagina berbau pesing.
  1. Menstruasi

    Bau amis akibat menstruasi menjadi penyebab vagina berbau paling banyak dalam brabagai kasus. Darah menstruasi yang keluar dan belum dibersihkan sangat berbau tajam dan amis sekali.

    Jika cara membersihkan vagina karena menstruasi kurang maksiamal atau asal-asalan maka bisa menimbulkan gangguan pada kesehatan vagina itu sendiri.

    Dari berbagai penyebab vagina berbau di atas mungkin anda pernah mengalaminya, cegah vagina berbau dengan menjaga kebersihan tubuh dan pakaian anda.

 Cara Membersihkan Vagina Dan Merawatnya

  1. Bersihkan Dengan Air Hangat

    Jangan gunakan sabun atau produk khusus untuk membersihkan organ intim, cukup dengan air hangat untuk tuap kali mandi.

    Anda juga harus mengurangi dan bahkan menghilangkan kebiasaan pemakaian sabun dengan obat keras kimia dan yang menganding parfum.

    Cara membersihkan vagina yang benar adalah dari belakang ke depan, bukan dari depan ke belakang. Hal ini karena menghindari perpindahan mikroba dari anus ke vagina dan organ di dalamnya.

    Lakukan metode cebok dari depan ke belakang untuk berbagai kondisi yaitu buang air besar dan air kecil. Terpenting adalah mengeringkan vagina yang telah dibersihkan terlebih dahulu sebelum memakai celana dalam.
  1. Sering Ganti Pembalut

    Saat anda sedang menstruasi sering-seringlah mengganti pembalut, sebelum pembalut lembab maka anda harus menggantiya.

    Dengan pembalut yang tetap kering dan terbebas dari darah haid maka vagina akan terbebas dari bau amis dan bukan jadi sarang mikroba jahat.

    Cara membersihkan vagina saat haid juga harus berhati-hati, gunakan kapas halus dan sentuhkan pada vagina perlahan agar tidak iritasi.

    Iritasi pada vagina menimbulkan bau yang aneh dan tidak sedap, terkadang berbau seperti penyakit jamur.
  1. Jangan Gunakan Panty Liners

    Penggunaanya akan membuat vagina susah bernafas sehingga menjadi lembab. Pembalut dengan bahan panty liners memang mampu menyerap darah haid dengan baik, akan tetapi penggunaanya jelas membuat vagina berbau dan tidak sedap.
  1. Pakai Celana Dalam Katun

    Celana dalam dengan bahan sintesis sama saja dengan panty liners, kasar dan membuat vagina susah bernafas.
    Pakai celana dalam dengan bahan kain katun dan alami. Juga hindari penggunaan celana ketat yang sangat berbahaya bagi kulit vagina dan proses terjadinya kehamilan.
  1. Jangan Pakai Sabun Pembersih

    Pakai boleh saja asalkan jangan terlalu sering, sabun khusus pembersih vagina yang ramai di pasaran kurang tepat untuk membersihkan vagina.

    Perlu anda ketahui bahwa vagina anda memiliki sistem pembersih alami yang diproduksi tubuh, produk pembersih sering menggangu tingkat PH vagina sehingga memicu infeksi dan iritasi.
  1. Ganti Celana Dalam Saat Basah

    Celana dalam yang sudah dipakai untuk berkeringat seharusnya diganti, apalagi celana dalam basah. Untuk lebih tepatnya gantilah pakaian dalam 2 kali dalam sehari.

Sekian ulasan kami tentang penyebab vagina berbau dan cara membersihkan vagina, semoga bermanfaat bagi para wanita yang mengalaminya.

Sumber Terpercaya: obatkuatcair.com
Penulis                 : Adinda Nova

Bagikan

Update Terkait

Copyright © . herbal-kuatpria.com

Daftar Rekening

  • transfer BCA tokoherbal 123 No.Rek 2471-7757-81 atas nama AHMAD FANANI
  • transfer Mandiri tokoherbal 123 No.Rek 135-00-1469455-6 atas nama AHMAD FANANI
  • transfer BNI tokoherbal 123 No.Rek 0458898966 atas nama AHMAD FANANI
  • transfer BRI tokoherbal 123 No.Rek 5895-01-029997-53-7 atas nama AHMAD FANANI